Harga Modal Samsung Galaxy S8 Hanya 4 Jutaan

Baru-baru ini pabrik raksasa Samsung telah merilis smartphone anyarnya yaitu Samsung Galaxy S8. Harga yang ditawarkan untuk smartphone tersebut mencapai 12 juta untuk tipe tertingginya. Namun taukah kita berapa harga modal dari pembuatan smartphone tersebut? 

Perusahaan riset dan analisis IHS Markit menaksir harga komponen dari smartphone tersebut. Menurut IHS Markit harga modal dari Galaxy S8 lebih mahal sekitar 43,34 dollar AS atau sekitar Rp 570.000 daripada Galaxy S7. Walaupun laporan yang diungkap oleh IHS Markit tidak merinci secara detail harga per komponen dari Galaxy S8. Riset tersebut hanya mengungkapkan total biaya dari pembuatan Samsung Galaxy S8 sebesar 307,5 dollar AS atau sekitar Rp 4 jutaan. 

Tentunya harga tersebut tidak bisa dijadikan acuan dalam mementukan harga jual, karena ada biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan hingga smartphone tersebut sampai di tangan konsumen. Beberapa di antaranya adalah biaya pengapalan ke suatu negara, pajak impor, dan biaya marketing. Dan tentu saja margin keuntungan yang diambil oleh Samsung, ritel, dan operator yang bekerja sama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »